Cara Membuat Anak Pandai Membaca dan Menulis sebelum Masuk SD

Cara Membuat Anak Pandai Membaca dan Menulis sebelum Masuk SD

Pengetahuan yang berhubungan dengan parenting seperti ‘Pendidikan Pranikah’ seharusnya sudah dipelajari sejak pernikahan belum dilangsungkan. Hal ini dikarenakan tidak mudahnya menjadi orangtua. Salah satu kesulitannya adalah dalam hal mengajar membaca dan menulis sebelum masuk SD yang sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara cerdas berikut.

  1. Bermain sambil Belajar

Anak-anak cenderung suka dengan gambar berwarna daripada buku cerita yang hanya berisi tulisan atau sedikit gambar. Sayangnya, sangat sedikit komik yang bisa dijadikan media pembelajaran karena sebagian besarnya ber-genre remaja sampai dewasa. Oleh karena itu, Anda bisa menggabungkan gambar dengan permainan, yaitu dalam bentuk puzzle.

Permainan ini tidak hanya menarik dari segi gambarnya, tapi juga membuat anak tertarik dan mau berpikir untuk menyusun sampai membentuk gambar utuh. Secara tidak langsung, puzzle menguji daya nalarnya, baik dalam proses menyusunnya maupun dalam menebak gambar yang membuat kosa katanya bertambah.

  1. Menyanyikan Lagu AIUEO

Mengajari anak membaca dan menulis juga bisa dilakukan dengan bernyanyi. Caranya, Anda ajarkan nyanyian yang berhubungan dengan huruf seperti lagu anak-anak zaman dulu yang judulnya AIUEO.

Sambil bernyanyi, siapkan kertas bertuliskan huruf-huruf yang akan dinyanyikan. Kemudian, agar semua huruf diucapkan dengan tepat, Anda bisa mengolaborasikan atau mengubah liriknya hingga mencakup huruf A zampai Z. Cara atau tips parenting ini membutuhkan keuletan Anda juga karena harus ikut mempelajari serta menghapal nada dan liriknya.

  1. Kemping dan Berburu Harta Karun

Hampir semua anak menyukai hal-hal baru dan berbau petualangan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengajaknya kemping atau berburu hartak karun. Tidak usah jauh-jauh, Anda bisa melakukan aktivitas seru ini di belakang rumah, terutama rumah yang memiliki kebun belakang. Selain aman, aktivitas ini bisa menjadi latihan anak saat kemping yang sebenarnya,

Dirikan kemah atau tenda dan masak di kebun belakang mampu menciptakan sensasi tersendiri. Meski bahan masakannya tidak harus mencari dulu di hutan dan sungai, inti kegiatan ini bisa Anda dapatkan, yaitu mengajari anak membaca dan menulis dengan mudah. Buat petunjuk dibaut dari satu kata dengan huruf-huruf besar.

  1. Menyekolahkannya di PAUD Berkualitas

Beberapa anak memang sudah mampu membaca dan menulis hanya dengan didikan orang tua. Tapi, bagi orang tua yang agak sibuk, bisa meminta bantuan guru PAUD. Jadi, Anda hanya perlu menyekolahkannya di PAUD berkualitas dekat rumah. Tapi, Anda tetap berperan aktif di rumah mengajar anak dan rutin komunikasi dengan guru terkait perkembangannya.

Jika sudah terlatih, hal-hal terkait parenting akan lebih mudah diterapkan pada anak kedua. Meski demikian, setiap anak memiliki karakter yang berbeda sehingga cara mengajar yang sama kadang memberi hasil yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui beragam cara dan metode mengajar yang tepat untuk anak seusia mereka.